Laman Atas

Seluruh isi dari blog ini telah dipindah ke blog Zali Jauhari yang baru. Just click http://zalijauhari.blogspot.com

Kamis, 16 Juni 2011

Waktu Bukanlah Uang

Ada banyak pendapat tentang uang. Salah satunya berbunyi “Waktu adalah uang”. Pendapat inilah yang mungkin menginspirasi sebagian saudara-saudara kita sehingga mereka rela menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengumpulkan uang. Seolah uang menjadi sangat penting dan tak tergantikan. Sebab mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi semuanya perlu uang. Mau makan pakai uang, mau baju harus punya uang, parkir bayar, toilet tidak gratis. Hidup ini seolah menjadi sangat mahal jika dompet tipis. So,menurut mereka uang sangat berharga,sehingga orang rela jungkir balik demi uang. Alhasil, mereka menjadi hamba uang. Jika sudah demikian, waktu akan diinvestasikan untuk uang.
Waktu adalah uang. Sehingga orang miskin rela menjadi pengemis di lampu merah meminta sedekah. Urat malu sudah putus,karena menurut mereka nggak ada uang nggak makan. Waktu adalah uang. Sehingga ada pejabat asyik mengganyah uang rakyat, korupsi lalu kabur ke luar negeri. Tidak lagi takut dengan neraka dan azab Ilahi, karena menurut mereka kaya berarti foya-foya sebab waktu adalah uang. Mumpung jadi pejabat,sikat habis! Waktu adalah uang. Jika difahami secara sempit berarti hidup ini ya untuk mencari uang.
Namun ternyata uang bukan segalanya. Ada yang tak terbeli dengan uang. Orang bisa membeli rumah mewah, tapi tak mampu membeli ketenangan. Orang bisa punya mobil  idaman, tapi tak mampu membeli senyuman. Tidur di atas kasur empuk tapi mata tak mampu terpejam. Uang di tangan,tapi cinta bisa lepas dari ikatan. Uang, pada satu titik menjadi tidak berharga sebab masih ada yang tak terbeli dengan uang. So,masih pantaskah motivasi waktu adalah uang?
Waktu adalah anugerah yang luar biasa mahal dari Tuhan. Jika jatah waktu sudah habis sebanyak apapun uang kita takkan mampu membeli 1 detik waktu dari Tuhan. Sesuatu yang sangat mahal tak bisa ditukar dengan yang lebih rendah dari itu. Waktu adalah kehidupan. Waktu bukanlah uang. Uang itu akan baik ditangan orang baik. Carilah uang dengan cara yang baik, dan distribusikanlah dengan cara yang baik pula. Maka kebaikanlah yang akan menyelimuti kita.


1 komentar:

Syamsudin Noer mengatakan...

Good !!!
"Waktu bukanlah uang" saya setuju. . .